Jumat, 04 Februari 2011

Ujian Kenaikan Tingkat 'SHODAN' Aikido

Bismillah..
Yap, sudah sekian lama ga nulis di blog.. ya kali ini saya pengen berbagi cerita tentang pengalaman saya waktu Ujian 'SHODAN' Aikido beberapa waktu lalu.
Ujian SHODAN itu adalah ujian kenaikan tingkat jika seseorang sudah mencapai Kyu 1, lalu baru bisa mengikuti ujian ini. Bisa disebut ini ujian untuk ngedapetin sabuk hitam, di Aikido disebutnya Yudansha.
Ujian ini berlangsung, hari: Minggu ; tanggal: 30 Januari 2011 ; tempat: The Energy Building - Jakarta Pusat.

Sebelum ujian Shodan, seperti biasa ada dulu Seminar Aikido, alias latihan bersama dengan Sensei dari Jepang. Oh ya, Guru Besar yang dari Jepang namanya HIROSHI KATO SHIHAN (DAN 8), bersama timnya Stephen Baker (Inggris) dan satu lagi dari Jepang ga tau namanya, ga sempet kenalan.. hhe..

Latihan bersama berlangsung lancar-lancar saja.. nambah pengalaman juga, latihan sama anggota Dojo lain, se-Jabodetabek dan Jabar. Sesudah latihan, ada break dulu sekitar satu jam.

Sejam berlalu..
It's Show Time !!

Yap, ujian dimulai.. saya kebagian kloter ke 4.. hhuuft.. sambil nunggu giliran.. wah itu jantung.. dug dag di dug.. hhmm.. tapi saya yakin pasti bisa..

Waktu yang ditunggu-tunggu, akhirnya dipanggil juga.. ujian pun dimulai..
Alhamdulillah selama ujian berlangsung, ga ada satu pun materi yang diuji sampe lupa.. semuanya inget dan mulus.. hhuufftt..

Setelah semua peserta ujian melaksanakan ujiannya, semua peserta dikumpulkan, buat dikasih pengumuman dan pengarahan..
Akhirnya, semua peserta ujian dinyatakan..

LULUS

alhamdulillah.. ini semua berkat doa dari semua dan hasil latihan yang cukup keras.. dan akhirnya saya bisa mengenakan sabuk hitam dan hakama (celana tradisional Jepang) pada saat latihan..

Tetapi, Sabuk Hitam bukanlah akhir dari proses belajar beladiri, tetapi awal proses belajar beladiri yang sesungguhnya.

Mudah-mudahan, tingkatan ini dapat saya manfaatkan dan juga diamalkan. dan juga bisa bertambah semangat dalam latihan dan bisa menambah motivasi bagi anggota aikido Dojo lainnya..

oh ya ini ada foto-foto acara Seminar dan Ujiannya..
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar