Jumat, 17 Desember 2010

Membaguskan/ Memperbaiki hasil photo anda dengan Photoshop

Penulis: Mohammad Adiansyah Heikal

Banyak hasil photo yang sudah kita 'jepret' atau kita ambil, kita merasa hasilnya kurang memuaskan bagi kita. Kekurang puasan bisa terjadi karena foto yang kita ambil kurang pas, blur, terlalu gelap, terlalu cerah, tidak tajam, atau lain sebagainya. Di sini saya ingin mencoba membuat tutorial tentang cara, memperbaiki/ membaguskan hasil photo yang kurang baik hasilnya menjadi lebih bagus.

Sebelumnya saya ingin memberitahukan, di tutorial ini saya tidak terlalu menjelaskannya sangat detil tentang penggunaan alat-alat yang ada di photoshop.

Dalam mengedit foto biasanya saya memperhatikan dulu apa yang kurang dari foto tersebut. Misalkan foto tersebut warnanya lemah atau gelap, ada cara yang mudah kita tinggal langsung pergi ke menu Filter > Sharpen > Smart Sharpen. Disitu anda tinggal mengatur 'amount' dan 'radius'nya sesuai kebutuhan anda. PERLU DIPERHATIKAN [!] jika foto anda sudah hi-res jika di 'sharpen' tidak masalah, malah fotonya menjadi lebih bagus. Tertapi jika foto asalnya itu low-res jika di 'SHARPEN' hasilnya kurang bagus. Hasilnya akan kasar, ada titik-titik yang muncul akibat 'SHARPEN' tadi. Karena 'SHARPEN' tersebut membuat warna foto menjadi lebih tajam jadi titik yang kurang jelas pun menjadi sangat jelas. Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Hasil foto yang telah di 'SHARPEN' tadi anda bisa mem-'BLUR' kannya, dengan cara pilih menu Filter > Blur > Smart Blur. Lalu anda rubah 'radius' dan 'threshold' sesuai dengan kebutuhan. Tapi INGAT! jangan terlalu blur, untuk hasil akhir yang lebih baik. Setelah anda mem'BLUR'kan foto anda tersebut. Saya yakin foto anda lumayan lebih baik juga lebh halus dari tadi. Bila perlu setelah anda mem'BLUR'kan foto anda, anda bisa mengulangi 'SHARPEN' lagi.

***

Setelah anda mencoba langkah-langkah tadi, coba anda perhatikan foto anda tersebut, apakah foto anda tersebut gelap atau terang akibat dari 'SHARPEN' tadi. Jika iya, anda perlu melakukan langkah-langkah berikut ini. Anda bisa megulik 'CURVES'nya (Ctrl+M) dan 'LEVES'nya (Ctrl+L)
Inilah perbedaan 'CURVES' dan 'LEVELS'.
- CURVES
Gelap/terangnya bisa diatur pada tempat tertentu, sesuai keinginan. Misalnya kita mau merubah valuenya di bagian gelap aja. Yg terangnya tetap, selama kurva di bagian ini tidak bergerak. Anda juga bisa menambah sedikit kebiru-biruan, kekuning-kuningan, kemerah-merahan, kehijau-hijauan, dll di tempat tertentu. Misalnya kita bisa atur supaya warnanya kebiru-biruan khusus dibagian gelap.
- LEVELS
Ada 3 bagian : terang, gelap, dan yang terakhirnya kita sebut aja "sedang". Berbeda dengan curves, level efeknya lebih menyeluruh. Analoginya seperti cahaya matahari, kalo lagi malam ya semua yang ada di bumi pada ikut gelap. Gitulah kira-kira.. :D
*brightness : ini jg gw masih agak bingung sih. Hampir sama kayak level, efeknya jg menyeluruh. Tp enggal terbagi-bagi atas gelap, terang, dan menengah.

***
Agak susah bagi saya untuk menjelaskannya. Saya harap anda mengerti maksud saya. Saran saya biar anda tau bedanya apa, anda buat 3 layer dengan foto yang sama. Terus anda terapkan masing-masing efek di layer yg berbeda. Yang satu terapkan level, yang satunya curves, dan yang satunya lagi brightness. Terus anda amati, apa perbedaanya.

---

Saya cukupkan sekian tutorial kali ini. Mudah-mudahan dapat dimengerti dan bermanfaat bagi anda yang membaca.

Saya lampirkan contoh foto yang sudah diperbaiki/ dibaguskan,

  Sebelum

Sesudah

-------------------------------------------------------------------------------------------

 Sebelum
 

Sesudah


---
*Materi Referensi: http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100515081237AAJsUhk



*Kritik dan sarannya, juga pertanyaanya, silahkan tinggalkan komentar di postingan ini.

1 komentar:

  1. keren, tapi lebih baik dirapikan lagi postingannya. :D

    BalasHapus